Kita bisa mengenali seseorang itu orang yang seperti apa berdasarkan caranya dalam berpakaian. Dalam buku yang baru saja saya baca kemarin, yaitu “Cespleng Membaca Kepribadian Orang, karangan Gregory Young, 2012″
 
 
Ada empat macam cara berpakaian yang saling bertentangan, yaitu: cara berpakaian tradisional — original (asli), serta cara berpakaian kolot — berpakaian menurut model terbaru atau modern.
 
Keempat cara berpakaian itu dapat menjelaskan termasuk tipe kepribadian yang seperti apa dari orang tersebut. Mari kita kupas satu per satu… :) 
 
 
1. GAYA TRADISIONAL
 
Contoh gaya pakaian tradisional adalah KOSTUM dan PAKAIAN SERAGAM.
KESERAGAMAN dalam berpakaian senantiasa didambakan orang setiap kali ingin menyatakan suatu KEBERSAMAAN, IKATAN YANG AKRAB dengan seseorang atau banyak orang. 
 
Contohnya adalah pakaian PETANI, POLISI, PILOT, PETUGAS KEAMANAN, ARTIS (ANGGOTA MUSIK), KESEBELASAN SEPAK BOLA, atau bahkan baju PASANGAN (COUPLE) dipakai untuk memberi nilai pribadi yang lebih tinggi kepada yang memakainya, atau suatu citra tertentu yang didambakan para pemakainya itu. 
 
2. GAYA ORIGINAL (ASLI)
 
Seseorang yang cenderung menyukai gaya berpakaian asli adalah orang yang BERSIFAT KREATIF dan PRODUKTIF, serta memiliki SENSE OF ART yang tinggi. 
Cenderung memiliki SEMANGAT yang BERKOBAR-KOBAR, BANYAK IDE KREATIF, SUKA BERPETUALANG.
 
Terkadang orang lain akan memandang dirinya sebagai orang yang BERPERILAKU ANEH dan cenderung EKSENTRIK.
 
3. GAYA KLASIK/KOLOT
 
Yang dimaksud dengan “KLASIK” dalam hal ini adalah suatu konsep yang memperlihatkan cara berpakaian sesuai dengan model yang telah ditentukan secara ketat, dengan bentuk KUNO dan WARNA yang LAMA.
 
Bila kamu setia dengan gaya berpakaian klasik, berarti kamu harus mempertimbangkan “PERATURAN-PERATURAN yang berlaku mengenai pakaian”. Misalnya, mengenakan setelan jas untuk upacara resepsi.
 
Umumnya, pakaian nuansa klasik adalah SEDERHANA, TIDAK BANYAK MACAM dan PERNAK PERNIKnya.. 
 
4. GAYA YANG MODIS (MENGIKUTI MODE)
 
Perubahan trend mode yang pesat akan mendatangkan perubahan dalam jenis warna, pola pakaian, desain, dan gaya potongan pakaian. 
 
Mode itu berkembang karena adanya DAYA TARIK ke arah SESUATU YANG BARU, HASRAT untuk mengalami PERUBAHAN YANG BARU. Tidak menyukai sesuatu yang ASLI, melainkan lebih senang dengan adanya PERUBAHAN-PERUBAHAN.
 
Wahhh, ternyata dari cara berpakaian, kita dapat mengetahui tipe kepribadian yang seperti apa mengenai orang tersebut..
 
Nah, tergolong yang manakah diri kita? Lebih suka bergaya pakaian yang seperti apakah kalian? :D