Tag


Sekjen FIFA Jerome Valcke menjelaskan hasil kongres luar biasa (KLB) PSSI yang dipertanyakan wakil ketua umum PSSI Farid Rahman, karena menduga adanya penyelewengan agenda.

Farid merupakan satu dari enam anggota Exco yang melakukan aksi walk-out (WO) dalam kongres beberapa waktu lalu. Lima anggota lainnya adalah Sihar Sitorus, Bob Hippy, Tuti Dau, Mawardi Noerdin, dan Widodo Santoso.

Dalam surat tertanggal 22 Maret 2013 bernomor SG/tre/mlt yang ditujukan kepada Farid, dan ditandatangani Valcke ini, sekjen FIFA itu memaparkan pertanyaan-pertanyaan mengenai adanya dugaan penyelewengan agenda KLB yang menambahkan adanya agenda kongres biasa. Surat ini juga ditembuskan kepada konfederasi sepakbola Asia (AFC), dan menteri pemuda olahraga (Menpora) Roy Suryo.

“Mengenai permasalahan terkait, kami telah menerima korespondensi tertanggal 18 Maret 2013, dan mencatat perhatian dan dugaan Anda adanya perbedaan tentang anggota komite eksekutif (Exco) PSSI yang berhubungan dengan kongres luar biasa PSSI pada 17 Maret yang digelar di Jakarta,” tulis Valcke.

“Kami ingin memberitahu Anda sesuai dengan yang disaksikan delegasi FIFA/AFC, kongres luar biasa PSSI pada 17 Maret, berdasarkan arahan dan ketentuan FIFA/AFC, telah sukses mengadopsi beberapa hal yang sudah disepakati.”

“Sesuai penjelasan delegasi yang datang, kongres PSSI, yang dihadiri sebagian besar anggotanya, telah menyetujui roadmap unifikasi liga, menyetujui statuta baru berdasar rekomendasi FIFA, dan secara resmi memulihkan status empat anggota komite eksekutif. Tak ada hal lain yang disetujui dalam kongres luar biasa itu.”

“Sebagai tambahan, permasalahan PSSI menjadi pembahasan komite eksekutif FIFA di Zurich pada 20 Maret 2013. Komite eksekutif FIFA membahas hasil dari kongres luar biasa PSSI, dan menyambut gembira perkembangan positif ini. Mendukung keputusan kongres PSSI, dan sepakat FIFA dan AFC akan terus mengawasi situasi ini.”

“Kami berharap kesepakatan yang diraih di kongres PSSI membuka jalan bagi persatuan di persepakbolaan Indonesia, dan memberikan pengaruh besar terhadapan perkembangannya.”

“Terima kasih atas perhatian Anda terhadap permasalahan di atas, dan mempercayai kerja sama Anda demi kebaikan sepakbola Indonesia.”

 

sumber : goal.com