Body Mass Index atau BMI adalah ukuran dasar untuk memahami seberapa sehat tubuh Anda dan berapa berat ideal yang seharusnya Anda miliki.

Terlalu kurus atau gemuk? Yuk belajar hitung BMI!

Apakah Anda sudah tahu hasil BMI Anda? Jika belum, Anda bisa mencari tahu dengan menggunakan BMI Calculator di sini, seperti dilansir oleh Health Me Up (13/12).

Nah, setelah mengetahui jumlah BMI Anda, kali ini cocokkan hasilnya dengan penjelasan berikut ini.

1. BMI di bawah 18,5
BMI di bawah 18,5 berarti Anda terlalu kurus atau bisa jadi juga kurang gizi. BMI yang terlalu rendah bisa disebabkan oleh banyak hal, misalkan penyakit, gaya hidup yang tidak sehat, dan lainnya. Sebaiknya cek kesehatan Anda dengan dokter dan lakukan diet agar tak terjadi komplikasi terkait dengan bMI yang terlalu rendah.

2. BMI antara 18,5 hingga 24,9
Angka ini termasuk angka sehat. Berarti Anda memiliki berat dan tinggi yang ideal. Jangan berhenti mengonsumsi makanan sehat, atau menjaga gaya hidup sehat, karena bisa saja Anda akan kehilangan BMI ideal ini.

3. BMI antara 25 – 30
Memiliki BMI di atas 25 berarti Anda sedikit lebih berat dari seharusnya. Skor BMI ini bisa membuat Anda lebih berisiko terkena penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe-2. Jadi, sebaiknya Anda mulai melakukan gaya hidup sehat untuk menurunkan risiko tersebut.

4. BMI di atas 30
Jika skor BMI Anda di atas 30, sudah jelas bahwa Anda mengalami obesitas. Obesitas bisa membuat Anda rentan terkena banyak penyakit seperti penyakit jantung, diabetes tipe-2, dan stroke. MEngurangi berat badan adalah satu-satunya cara untuk meningkatkan kesehatan Anda. Temui dokter dan diskusikan jenis diet apa yang paling cocok untuk Anda.

Sudah tahu kan berapa BMI Anda dan seperti apa penjelasannya? Jika Anda masih tergolong terlalu kurus atau gemuk, jangan putus asa dulu. Masih ada waktu untuk membuat BMI tubuh ideal dan meningkatkan kesehatan Anda. (sumber:merdeka.com)