Beberapa hari lalu dikabarkan ada sebuah asteroid bernama 4179 Toutatis yang meluncur ke bumi. Kali ini, NASA merilis video seberapa besar dan bagaimana bentuk dari Toutatis tersebut.

NASA rilis video asteroid yang lintasi bumi

Dalam video yang diunggah ke YouTube tersebut memang bukan video nyata, melainkan kumpulan gambar yang disatukan menjadi satu dan di-convert menjadi sebuah video dengan durasi hanya 40 detik saja.

Proses pengambilan gambar ini melibatkan 64 radar NASA Deep Space Network Antenna di Goldstone, California. Dalam video tersebut, Toutatis melesat melintasi bumi dengan jarak 4,3 juta mil atau sekitar 7 juta kilometer.

Seperti yang lansiran MSN (14/12), Toutatis akan berputar setiap 5 hari sekali. Asteroid yang memiliki luas sebesar 5 kilometer ini melakukan perjalanan mengelilingi matahari setiap 4 tahun sekali.

Karena pergerakannya memutar mengelilingi matahari dan sekitarnya, diperkirakan pada bulan November 2069, Toutatis akan kembali mengarah ke bumi dengan jarak yang lebih dekat yaitu hanya 1,8 juta mil atau 3 juta kilometer saja.

(sumber:merdeka.com)