Penjelasan Google seputar munculnya iklan di produknya

Anda mungkin akan sering menemui iklan-iklan yang muncul ketika mengakses laman mesin pencari Google. Di bawah ini sedikit ulasan mengenai bagaimana Google menampilkan iklan di laman pencarinya dan di dalam Gmail.

Google menjelaskan bahwa iklan yang muncul di sebelah kanan pada saat Anda mengakses laman pencariannya tersebut berdasarkan query apa yang Anda cari sebelumnya (yang paling akhir).

Sebagai contohnya, apabila dalam pencarian pertama, Anda menuliskan kata travel, pencarian kedua adalah Indonesia dan pencarian ketiga adalah hotel, maka nantinya iklan yang ada di sebelah kanan tersebut masih berkaitan dengan pariwisata, hotel, travel dan sejenisnya.

Selain berpatokan pada pencarian Anda sebelumnya, Google juga menggunakan Web History dan berdasarkan situs-situs iklan apa saja yang pernah Anda kunjungi. Walaupun dalam memunculkan iklan tersebut, Google menggunakan ‘sejarah penjelajahan internet’ yang Anda lakukan, namun mereka menegaskan bahwa Google tidak mengumbar informasi pengguna internet dengan pemasang iklan.

Tidak hanya itu, Google juga menjelaskan bahwa mereka tidak akan mencampuri setiap cookies yang berkaitan dengan topik sensitif yang dihasilkan oleh pencarian pengguna internet dengan menggunakan mesin pencarinya.

Selain di mesin pencarinya, model penambahan iklan di Gmail tersebut juga menggunakan cara yang sama. Apabila email yang Anda terima lebih banyak yang mengulas suatu produk, maka berdasarkan hal tersebut, Google akan menampilkan iklan sejenis atau seputar produk yang bersangkutan.

So, dapat diartikan dalam hal ini bahwa walaupun ada kemungkinan Google bisa mengakses email atau semua produk yang Anda gunakan, namun mereka menegaskan tidak akan melakukan hal tersebut karena Google menjaga hak privasi penggunanya. (sumber:merdeka.com)