Barcelona sukses menciptakan selisih 11 angka dengan Real Madrid di klasemen sementara La Liga 2012/13. Kepastian itu didapat Barcelona setelah menumbangkan tuan rumah Levante empat gol tanpa balas di jornada 13.

Review: Selisih Barca-Madrid Kini 11 Angka

Sehari sebelum laga Levante kontra Barca di Ciudad de Valencia, Senin (26/11), peringkat tiga Madrid, rival terberat Blaugrana, takluk 0-1 di kandang Real Betis. Berkat kemenangan besar Barca, maka selisih poin dua raksasa Spanyol ini, yang sebelumnya delapan, kini melebar jadi 11.

Tidak ada gol di babak pertama dan kehilangan Dani Alves akibat cedera di menit 14, dominasi pasukan Tito Vilanova menggila di paruh kedua. Lionel Messi langsung menggebrak dengan dua gol pada menit 47 dan 51 sebelum akhirnya Andres Iniesta serta Cesc Fabregas menambah derita tuan rumah dengan masing-masing satu gol di menit 57 dan 63.

Levante sebenarnya berpeluang mencetak gol hiburan lewat titik putih pada menit 87 setelah pelanggaran Carles Puyol di area terlarang, tetapi eksekusi Barkero bisa dimentahkan oleh Victor Valdes.

Bagi Messi, tambahan dua gol juga menjauhkan dia dari kejaran para rivalnya di daftar top scorer sementara La Liga. Mesin gol Barcelona itu makin kukuh di puncak dengan koleksi 19 gol dan unggul tujuh atas Cristiano Ronaldo (Madrid) di urutan kedua.

Messi butuh empat lagi untuk meruntuhkan rekor gol terbanyak dalam satu tahun milik Gerd Muller, yang mengukir 85 gol sepanjang tahun 1972.

Barcelona kini semakin mantap sebagai pemuncak klasemen sementara dengan poin 37, memimpin atas Atletico Madrid (34), Real Madrid (26) dan Malaga (22).

Susunan pemain Levante: Munua; Lell, Ballesteros, David Navarro, Juanfran, Iborra, Diop, El Zhar (Pedro Rios 61′), Barkero, Juanlu (Michel 75′), Martins (Angel 68′).

Susunan pemain Barcelona: Valdes; Alves (Montoya 14′), Pique, Puyol (kuning 86′), Alba (Adriano 75′); Fabregas (kuning 74′), Xavi (Thiago 78′), Busquets; Pedro, Messi, Iniesta.

Statistik Levante – Barcelona
Shots: 11 – 13
Shots on goal: 3 – 7
Penguasaan bola: 18% – 82%
Pelanggaran: 7 – 6
Corner: 4 – 8
Offside: 2 – 2
Kartu kuning: 0 – 2
Kartu merah: 0 – 0
Penyelamatan: 3 – 3.

 

 

 

sumber:bola.net