AC Milan menaklukkan Juventus 1-0 di giornata 14 Serie A lewat gol tunggal Robinho dari titik putih. Juve pun menelan kekalahan liga keduanya musim ini, dan semua itu diberikan oleh tim asal kota Milan.

Review: Penalti Robinho Taklukkan Juventus

Hasil di San Siro ini, Senin (26/11), adalah ulangan hasil serupa bagi Juventus pada giornata 11 lalu. Bedanya, waktu itu, mereka kalah 1-3 di Turin dari rival sekota Rossoneri, Internazionale.

Tak ada gol dari Stephan El Shaarawy, tapi penalti Robinho di menit 31 cukup untuk menjadi pembeda di laga ini. Berawal dari sundulan Nocerino, bola kemudian membentur Mauricio Isla. Wasit Nicola Rizzoli menilai Isla handball, tapi butuh waktu cukup lama baginya untuk mengambil keputusan. Eksekusi 12 pas Robinho terbaca oleh Gianluigi Buffon, tapi gol tak terhindarkan.

Setelah kebobolan, Juventus begitu dominan di atas lapangan. Namun sayang, hal itu tidak diimbangi dengan efektivitas serangan. Berdasarkan statistik pertandingan yang dirangkum dari ESPN, Juve unggul jauh penguasaan bola, tapi Milan lah yang memiliki peluang gol lebih banyak.

Saat sang juara bertahan cuma membukukan dua shot on target, tuan rumah melepaskan enam. Hanya berkat kepiawaian Gianluigi Buffon di bawah mistar, Juve terhindar dari kekalahan yang lebih besar.

Dengan hasil ini, posisi Juve di puncak klasemen sementara memang masih tak tergoyahkan, tapi selisih poin dengan Fiorentina dan Inter di bawahnya kini menjadi empat (32-28). Terlebih lagi, Inter masih akan bermain di markas Parma, Selasa (27/11).

Sementara itu, berkat kemenangan kelimanya di liga musim ini, Milan melesat dari peringkat 12 ke 8 dengan poin 18.

Susunan pemain Milan: Amelia; De Sciglio, Mexes (Zapata 73′), Yepes (kuning 90+4′), Constant; Montolivo, De Jong, Nocerino (kuning 17′); Robinho (Pazzini 65′), Boateng (Flamini 84′), El Shaarawy.

Susunan pemain Juventus: Buffon; Barzagli, Bonucci (kuning 43′), Caceres; Isla (kuning 30′) (Padoin 46′), Vidal, Pirlo, Marchisio (kuning 86′), Asamoah (Pogba 72′); Vucinic, Quagliarella (Giovinco 57′ – kuning 90+4′).

Statistik Milan – Juventus
Shots: 15 – 13
Shots on goal: 6 – 2
Penguasaan bola: 39% – 61%
Pelanggaran: 16 – 10
Corner: 5 – 6
Offside: 3 – 3
Kartu kuning: 2 – 4
Kartu merah: 0 – 0
Penyelamatan: 3 – 5.

 

 

sumber:bola.net