Bandung – Indonesia bisa berjaya lagi di era globalisasi di abad 21 ini, demikian optimisme Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Hatta Rajasa.

“Saya yakin ini merupakan siklus tujuh abad,” katanya, saat menjadi pembicara kunci pada Sarasehan Kebangsaan “Menuju Era Baru Nasionalisme Ekonomi Indonesia” di Bandung, Sabtu.

Pada acara yang diselenggarakan Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) di Aula Timur ITB itu, Hatta menceritakan pada abad ke-7 Nusantara sempat berjaya di bawah kendali kerajaan Sriwijaya.

Kemudian pada abad ke-14, Kerajaan Majapahit berada pada masa keemasannya yang tidak hanya berjaya ke seluruh Nusantara, tetapi juga pada belahan dunia lain.

“Kini Indonesia memasuki tujuh abad berikutnya, yakni abad ke-21. Kini saatnya Indonesia kembali berjaya,” kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (DPP PAN) itu.

Untuk mencapai kejayaan itu, menurut dia, Indonesia harus melakukan percepatan mentransformasi pertumbuhan ekonomi yang diprediksi pada 2025 menempatkan Indonesia sebagai salah satu dari tujuh negara maju.

“Tak hanya mengejar pertumbuhan, karena kalau hanya pertumbuhan akan menimbulkan gap atau kesenjangan dan menciptakan problematik sosial,” katanya.

Oleh karena itu, katanya, Indonesia juga harus menjalankan program-program perlindungan masyarakat (social protection) yang mewujudkan kesinambungan, keadilan, dan keberlangsungan.

Indikasi kejayaan kembali Indonesia, kata Hatta, telah terlihat dari perbaikan kinerja ekonomi.

Hatta menyebutkan, Indonesia merupakan satu di antara tiga negara, selain China dan India, yang tetap mampu menjaga pertumbuhan positif di tengah ancaman krisis global pada 2008.

Indonesia menjadi satu-satunya negara anggota Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) yang tergabung dalam kelompok 20 negara dengan status ekonomi maju dan ekonomi baru sedang bangkit (G20).

Masuknya Indonesia dalam kategori MIST (Mexico, Indonesia, South Korea, dan Turkey) dalam catatan Goldman Sach, menurut dia, disebabkan oleh pencapaian kinerja ekonomi Indonesia yang cukup mempesona. Selama beberapa tahun terakhir, kinerja ekonomi Indonesia baik.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan II 2012 bisa menembus angka 6,4 persen atau naik dibandingkan dengan triwulan yang sama pada tahun 2011 yang sebesar 6,3 persen.

Pemerintah juga sangat optimistis pada 2013 pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 6,8 persen, demikian Hatta Rajasa. (sumber:antaranews.com)