Penyerang Shakhtar Donetsk, Luiz Adriano akan mendapat hukuman dari UEFA, akibat bola ‘fair play’ yang justru ia konversi menjadi gol.

Tak Fair Play, UEFA Sanksi Penyerang Shakhtar

Kejadian tersebut terjadi pada laga Liga Champions, antara Shakhtar menghadapi FC Nordsjaelland di Ukraina. Bola fair play yang sejatinya diberikan kepada tim lawan, justru ia ceploskan ke gawang yang dijaga Jesper Hansen.

Tak pelak gol Adriano mendapat kecaman dari hampir seluruh penjuru dunia. Para penonton pun menganggap bahwa tindakan Adriano sudah merusak nilai-nilai sportivitas dalam sepak bola.

Atas tindakan itu, UEFA mengaku akan mengadakan pemeriksaan lebih lanjut terkait kejadian tersebut. Hal itu seperti dijelaskan dalam pengumuman yang mereka rilis setelah kejadian.

“Luiz Adriano menghadapi sanksi atas pelanggaran etika (Artikel 5, Regulasi Disiplin UEFA) dan kasusnya akan diperiksa oleh badan pengawas UEFA pada Selasa, 27 November 2012.”

Tak hanya UEFA dan para pendukungnya, pelatih Shakhtar, Mircea Lucescu pun menyesalkan tindakan Adriano. Sembari meminta maaf, ia juga menjelaskan bahwa tindakan Adriano murni akibat insting mencetak gol yang dimiliki pemainnya.

Pertandingan itu sendiri akhirnya berhasil dimenangkan tuan rumah Shakhtar dengan skor 5-2. Kemenangan itu memantapkan langkah mereka menuju babak perempat final Liga Champions. (sumber:bola.net)