MADRID – Fase grup Liga Champions musim ini memasuki fase krusial di matchday keempat midweek ini. Beberapa klub dari delapan grup berpeluang mengunci lebih awal tiket ke fase knockout (babak 16 besar). Tiga di antaranya adalah wakil Spanyol, yakni Barcelona, Malaga, dan Valencia.

Yang menarik, tentu saja, tidak tercantumnya nama Real Madrid. Dengan kata lain, Real menjadi satu-satunya wakil Spanyol yang belum masuk perhitungan lolos 16 besar di matchday keempat. Yang masuk perhitungan di grup Real, grup D, adalah Borussia Dortmund. Tim yang akan dihadapi Real di Santiago Bernabeu dini hari nanti (siaran langsung SCTV kickoff 02.45 WIB).

Dortmund yang mengalahkan Real 2-1 di Jerman dalam matchday ketiga (24/10) saat ini memuncaki klasemen dengan 7 poin. Disusul Real (6 poin), Ajax Amsterdam (3 poin, dan Manchester City (satu poin). Dengan konfigurasi tersebut, tiket 16 besar bakal digenggam Dortmund apabila kembali menaklukkan Los Merengues ” sebutan Real – di Bernabeu.

Tapi, kubu Dortmund tidak terlalu percaya diri bisa melakukannya. Selain realistis, jawara Bundesliga dua musim terakhir itu waswas dengan motivasi tinggi tuan rumah untuk melakukan revas. “Jika tim seperti Real menginginkan balas dendam, mereka sudah pasti akan memberikan penampilan,” kata defender Dortmund Mats Hummels seperti dilansir Bild.

“Saya tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi dalam pertemuan kami di Santiago Bernabeu. Yang jelas, kami harus bermain lebih baik ketimbang pertemuan sebelumnya,” sambung defender timnas Jerman itu.

Bek kiri Dortmund Marcel Schmelzer juga mewaspadai amuk Iker Casillas cs. “Real selalu bermain hebat di kandangnya. Tapi, apabila kami mampu melewati hadangan Real di kandangnya, kami memang pantas untuk lolos,” kata pahlawan kemenangan Dortmund di Jerman itu.

Di kesempatan terpisah, gelandang Real Sami Khedira berharap agar timnya dan Dortmund bisa bersanding mewakili grup D ke babak 16 besar. “Saya masih percaya Real Madrid akan lolos (ke babak 16 besar). Saya tidak bisa memprediksi satu tim lainnya. Tapi, sebagai orang Jerman, akan sangat menyenangkan apabila Dortmund yang lolos. Saya kira mereka juga layak mendapatkannya,” jelas Khedira di situs resmi klub.

“Dortmund adalah juara Jerman dua tahun terakhir dan mereka menempati peringkat pertama di klasemen grup kami saat ini. Tapi, saya tentu berharap Real Madrid yang akan menempatinya di klasemen akhir,” jelas Khedira lagi.

Dalam laga dini hari nanti, Khedira tidak akan bermain karena cedera otot kaki dalam dalam pertemuan kedua tim sebelumnya. Daftar absen Real lainnya masih dihuni duet bek kiri, Marcelo dan Fabio Coentrao. Sedangkan dari Dortmund, der trainer Juergen Klopp telah memastikan apabila kapten tim Sebastian Kehl memiliki kesempatan bermain sekalipun mengalami patah tulang hidung. (dns)

Perkiraan Pemain Real Madrid v Dortmund

Real Madrid (4-2-3-1) : 1-Casillas (g/c); 4-Ramos, 3-Pepe, 2-Varane, 17-Arbeloa; 15-Essien, 14-Xabi Alonso; 22-Di Maria, 10-Oezil, 7-Ronaldo; 9-Benzema
Pelatih : Jose Mourinho
Kostum Tim : Putih-Putih
Kostum Kiper : Merah-Merah

Dortmund (4-2-3-1) : 1-Weidenfeller (g); 26-Piszczek, 4-Subotic, 15-Hummels, 29-Schmelzer; 5-Kehl”, 8-Guendogan; 11-Reus, 10-Goetze, 19-Grosskreutz; 9-Lewandowski
Pelatih : Juergen Klopp
Kostum Tim : Kuning-Hitam
Kostum Kiper : Abu abu-kuning persegi di dada-Abu abu

Stadion: Santiago Bernabeu, Madrid
Wasit: Cuneyt Cakir (Turki)

Kans Lolos 16 Besar Pekan Ini
Grup A : FC Porto (Portugal)
Grup B : Schalke 04 (Jerman)
Grup C : Malaga (Spanyol)
Grup D : Borussia Dortmund (Jerman)
Grup E : Shakhtar Donetsk (Ukraina)
Grup F : Valencia (Spanyol)
Grup G : Barcelona (Spanyol)
Grup H : Manchester United (Inggris)

 

sumber: jpnn.com