Urumqi – Salju tebal yang mengguyur Wilayah Otonomi Uygur di Xinjiang telah menghentikan lalu lintas dan membuat tujuh orang terjebak di pegunungan, kata pemerintah setempat kepada Xinhua, Jumat larut malam (19/10).

https://i0.wp.com/img.antaranews.com/new/2012/01/ori/2012011160.jpg

Ketujuh orang itu terperangkap di Lembah Guozigou di Prefektur Otonomi Ili Kazakh, sementara petugas pemadam menerima laporan pada pukul 17.00 waktu setempat.

Tujuh mobil pemadam, 24 orang dan tiga anjing pelacak telah dikerahkan untuk melakukan upaya pertolongan, kata seorang pejabat pemadam.

Semua orang yang terjebak itu adalah pekerja di pegunungan, kata Xinhua Sabtu pagi. Hujan es telah membuat Jalan Bebas Hambatan Saiguo di bagian Guozigou terhalang dan kadang-kala tak bisa dilewati kendaraan sejak pagi hari, kata pejabat tersebut.

Angin kencang memaksa penutupan jalur kereta Xinjiang selatan antara Turpan dan Yuergou. Semua kereta barang dan penumpang telah dihentikan sejak pukul 18.00 waktu setempat guna menghindari bahaya, kata seorang pejabat di Jawatan Kereta Api Kotapraja Urumqi.

Xinjiang, yang dipengaruhi oleh cuaca dingin di Siberia, mulai diguyur salju pada Kamis (18/10), dan temperatur turun sampai 10 derajat di bawah nol Celsius di beberapa daerah di wilayah itu. (ANTARA News)