MALANG – Jelang digulirkannya musim kompetisi anyar, Arema kembali mendapat kehormatan dari PT Liga Indonesia (LI) untuk menjadi tuan rumah turnamen pra musim. Seperti dua musim sebelumnya, klub berlogo kepala singa kembali dipercaya menjadi tuan rumah babak penyisihan Inter Island Cup 2012.

Kepastian tersebut tertera dalam surat yang dikirimkan PT LI, Rabu (17/10) lalu.  Dalam surat bernomor 1021/LIGA/X/2012 yang ditandatangani CEO PT LI, Joko Driyono tersebut disebutkan Arema dan tiga klub lain yaitu Sriwijaya FC, Persib Bandung dan Persisam Samarinda bakal didaulat sebagai penyelenggara fase penyisihan.

Rencananya, babak penyisihan turnamen pre season yang melibatkan klub-klub kontestan Indonesia Super League (ISL) 2012-2013 tersebut bakal digeber mulai 2-16 Desember mendatang. Nantinya, seluruh klub akan dibagi ke dalam empat grup. Salah satunya adalah Grup C yang penyisihannya dilangsungkan di Stadion Kanjuruhan pada tanggal 2, 5 dan 8 Desember.

Manajemen klub berlogo kepala singa pun mengapresiasi penunjukkan yang dilakukan PT LI. Melihat tingginya animo publik bola Malang Raya dan pastinya suporter setia Singo Edan, yaitu Aremania, manajemen optimis perhelatan Inter Island Cup 2012 di Bhumi Arema bakal berlangsung semarak. “Prinisipnya kami siap menjadi tuan rumah yang baik. Kami yakin Aremania dan bola mania di Malang juga menyambut antusias,” ujar Manajer Media Officer Arema, Sudarmaji.

Babak penyisihan Inter Island Cup 2012 sendiri akan memakai sistem setengah kompetisi dan format home tournament. Belum ada kejelasan lebih lanjut soal jadwal pertandingan, karena selain tuan rumah Grup A, B, C dan D, PT LI belum merilis daftar siapa saja penghuni tiap-tiap grup.

Pertandingan penyisihan sendiri rencananya digelar dengan kick off pukul 15.30 WIB dan 19.00 WIB. Beberapa pertandingan kabarnya juga akan disiarkan secara langsung. Dalam surat yang dikirimkan PT LI, disebutkan masalah penetapan pertandingan masih akan dibahas lebih lanjut sehingga informasi selengkapnya bakal dirilis 1 November mendatang.

Adanya Inter Island Cup 2012 tentu bermanfaat bagi seluruh klub kontestan ISL 2012-2013 untuk mengukur kekuatan masing-masing sekaligus mulai meraba kekuatan calon lawan. Bagi Arema sendiri, turnamen pra musim ini ibarat sebagai ganti batalnya mengikuti turnamen segi empat di Palembang yang sempat digagas Srwijaya FC beberapa waktu lalu. (jpnn)