Surabaya – Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Dewaruci kembali tiba di Dermaga Koarmatim, Ujung, Surabaya, Rabu pukul 09.20 WIB, dan mengakhiri perjalanan panjang berkeliling dunia selama 10 bulan sejak 15 Januari 2012.

KRI Dewaruci Akhiri Pelayaran Keliling Dunia

Kedatangan kapal latih Kadet TNI Akademi Angkatan Laut itu disambut Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Marsetio, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar, dan sejumlah pejabat teras Pangkotama TNI AL.

Selain itu, ratusan prajurit dan keluarga awak KRI Dewaruci juga ikut menyambut kedatangan kapal layar dengan tiga tiang tinggi itu di tepi Dermaga Koarmatim sambil melambaikan tangan dan melepaskan balon.

Dengan dikawal sejumlah kapal tunda yang menyemprotkan air berwarna-warni serta pengawalan personel Komando Pasukan Katak, para Kadet AAL melakukan “Parade Roll” di atas KRI Dewaruci sebagai tradisi khas saat kapal akan merapat atau berlabuh.

Pelayaran ke luar negeri kali ini merupakan yang ke-44 dijalani KRI Dewaruci, dengan menempuh jarak sejauh 27.006 mil laut dan menyinggahi 21 negara di Asia, Afrika, Amerika, dan Eropa.

KRI Dewaruci pertama kali menjalani pelayaran keliling dunia pada 1964 di bawah Komandan Letkol Laut (P) Sumantri atas perintah Presiden RI Soekarno.

Pada perjalanan keliling dunianya yang terakhir kali ini, KRI Dewaruci yang dikomandani Letkol Laut (P) Haris Bima Bayuseto juga mengemban misi dari pemerintah untuk mempromosikan pariwisata Indonesia ke dunia internasional.(rr)

sumber : antara.com