Semakin sering seseorang menghabiskan waktu di Facebook, Twitter, atau jejaring sosial lain, maka tubuhnya kurang beraktivitas sehingga lebih rentan mengalami kenaikkan berat badan.

Para ilmuwan dari University of Ulster di Irlandia Utara melakukan penelitian terhadap 350 pelajar, melalui survey online. Para pelajar diminta menjawab pertanyaan mengenai berapa lama waktu yang dihabiskan untuk jejaring sosial, dan berapa lama yang mereka habiskan untuk aktivitas fisik.

Berdasarkan penelitian yang dilansir dari Health, sebagian besar pelajar menghabiskan waktu rata-rata satu jam setiap harinya untuk melihat situs jejaring sosial. Lebih dari separuh responden cukup aktif menggunakan jejaring sosial.

Ilmuwan menemukan bahwa waktu yang digunakan oleh para responden untuk melihat situs jejaring sosial, telah memotong waktu yang seharusnya mereka gunakan untuk melakukan aktivitas fisik, termasuk berolah raga. Penelitian ini juga membuktikan bahwa para penggemar Facebook jarang menyukai aktivitas fisik, bahkan sedikit yang tergabung dalam tim olah raga kampus.

“Waktu adalah sumber daya yang terbatas, sehingga menghabiskan waktu untuk jejaring sosial pasti akan mengurangi jumlah waktu untuk kegiatan yang lain. Penelitian kami menyatakan bahwa aktivitas fisik adalah satu kegiatan dari waktu yang terbuang,” ujar psikolog dari University of Ulster, Dr. Wendy Cousins.

“Temuan kami ini sangat menarik, tapi kami belum dapat memberi kepastian bahwa jaringan sosial menyebabkan tingkat aktivitas fisik yang lebih rendah. Kami masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk melihat apakah Facebook merupakan kasus yang benar-benar dapat membuat Anda gemuk, sementara Twitter membuat Anda lebih bugar,” ujarnya.

Nah ladies, walaupun Facebook-an atau Twitter-an menyenangkan, jangan lupa melakukan aktivitas lain ya! Jangan sampai keenakan main Facebook apalagi sambil ngemil karena bisa menambah berat badan Anda.

 

sumber : vemale.com