Makanan atau minuman yang pahit biasanya mengingatkan kita pada obat-obatan yang harus dikonsumsi saat sakit. Entah itu obat dari dokter atau jamu tradisional yang tak kalah manjur, umumnya memiliki rasa yang pahit.

Begitu pula saat mencecap pare, rasa pahitnya mengingatkan kita pada obat-obatan. Pare adalah tanaman mirip timun tapi dengan kulit lebih kasar bergelombang dan isi bagian dalamnya mirip timun namun tidak basah.

Ternyata, pare memang memiliki khasiat untuk kesehatan, terutama untuk para wanita. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, sel kanker bisa dimatikan dengan mengonsumsi ekstrak pare. Berbeda dengan proses kemoterapi yang mematikan sel-sel tubuh secara sama rata, khasiat dari pare bekerja selektif terhadap sel kanker saja. Demikian diungkapkan Rachael Ray, seorang profesor pathologi dari Saint Louis University.

Pare memang mengandung phytochemicals, lutein, lycopene seperti pada tomat, potassium, carotene dan albiminoid. Kandungan-kandungan tersebut efektif untuk memerangi berbagai penyakit dan gangguan dalam tubuh. Namun demikian, kerja senyawa pare untuk menangkal kanker payudara masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Menurut Rachael Ray, tidak ada salahnya mengonsumsi pare secara berkala sebagai pencegahan kanker payudara pada wanita. Jika tahan dengan pahit, pare bisa dikonsumsi dalam bentuk jus bersama buah atau sayuran yang lain. Namun cara paling nikmat mengonsumsinya adalah dengan menyantap pare yang telah ditumis dengan bumbu secukupnya sebagai lauk makan.

 

sumber : vemale.com