Gorengan, soto daging plus jeroan, keripik kentang dan berbagai jenis makanan berlemak lain memang enak untuk memanjakan lidah. Tetapi hati-hati, ladies, sebuah penelitian menunjukkan bahwa sering mengonsumsi makanan berlemak dan tinggi kalori dapat membuat seseorang menjadi bodoh.

Makanan yang tinggi lemak dapat menghalangi aliran peredaran darah di otak. Penelitian ini dilakukan oleh American University di Washington DC, dilansir Newsmaxhealth (03/10). Beberapa tikus dibagi dalam dua kelompok, kelompok yang diberi makanan berlemak sehingga menjadi gemuk, dan tikus yang menjalani diet rendah lemak. Kemudian, kedua kelompok tikus tersebut menjalani tes kognitif.

Hasil tes pembelajaran dan memori pada tikus bertubuh gemuk jauh lebih buruk dibandingkan tikus yang memiliki berat badan normal. “Yang terjadi di sini adalah lingkaran setan obesitas dan penurunan kemampuan kognitif,” ujar Terry Davidson, kepala peneliti. Menurutnya, makanan yang tinggi lemak dan tinggi kalori yang dimakan berlebihan akan menghambat aliran darah dan menyebabkan gangguan pikiran.

Selain itu, penelitian ini menghasilkan data bahwa sering mengonsumsi makanan tinggi lemak jenuh dan gula akan meningkatkan keinginan untuk menikmati makanan berlemak.

Jadi ladies, perhatikan pola makan Anda! Sekali-sekali menikmati makanan berlemak jenuh tak apa, asal jangan sering atau menjadi kebiasaan.

 

sumber