Sukses dalam karir dan bisnis menjadi impian semua orang. Bagaimana untuk meraih kesuksesan tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Dibutuhkan perjuangan, pengorbanan, usaha keras, kerja cerdas, keuletan dan doa. Dibalik usaha – usaha seseorang mencapai kesuksesan, ternyata ada beberapa kebiasaan pagi hari yang dilakukan oleh orang sukses seperti yang dikutip dari Times of India.

Dengan kebiasaan – kebiasaan ini, orang akan bisa mengelola waktu lebih produktif, teratur, efektif dan efisien. Untuk bisa mencapai sukses yang kita impikan, tidak ada salahnya mengikuti kebiasaan baik mereka.

 

Tidak menghabiskan waktu untuk hal tidak penting

Seringnya, yang dilakukan orang pertama kali pada awal waktu kerjanya adalah mengecek email. Setelah mengecek kita akan sibuk membalas dan mengecek email berikutnya. Padahal ada hal yang lebih produktif yang bisa dilakukan di saat kondisi dan suasana masih segar. Seperti yang dilakukan pemilik Tumblr, David Karp, berusaha untuk tidak mengecek emailnya sebelum pukul 10 pagi. Begitu juga pemilik Keepcup, AbigailForsyth, mencoba untuk tidak mengadakan rapat di jam yang sama. Mereka lebih memilih untuk melakukan pekerjaan yang lebih menguntungkan dengan menyapa rekan-rekan bisnisnya di pagi hari.

 

Fokus pada tujuan besar atau utama

Sangat penting bagi Anda untuk selalu ingat dengan target dan tujuan besar setiap paginya. Dengan mengingatnya, Anda akan lebih mudah melakukan misi yang perlu dilakukan untuk mewujudkan visi Anda. Hal ini penting agar pekerjaan yang sedang dan akan Anda lakukan tidak melenceng dari target yang telah Anda tetapkan.

 

Meluangkan waktu untuk memilah pekerjaan

Pekerjaan akan lebih efektif dan efisien bila dilakukan dengan skala prioritas. Sebelum melakukan beberapa pekerjaan, sempatkan untuk memilih dan memilah pekerjaan paling penting yang akan diselesaikan terlebih dahulu.

 

Melakukan hal yang paling berat lebih awal

Terkadang orang akan memilih pekerjaan yang mudah dulu sebagai ‘pemanasan’ dan menunda pekerjaan yang berat dan pekerjaan yang tidak disukai. Tetapi menurut  buku manajemen waktu ‘Eat That Frog’, sebaiknya kita memilih pekerjaan yang berat di awal waktu sehingga apabila ada hal yang buruk, kita masih punya banyak waktu untuk menyelesaikannya.

 

Memikirkan orang di sekitar

Saat bekerja secara individual terkadang kita melupakan orang – orang di sekitar kita. Pikirkanlah efek pekerjaan yang sedang Anda lakukan bagi mereka. Misalnya kita menuntut pihak General Affair menyiapkan keperluan kita pada saat yang kita tetapkan, padahal ada pekerjaan penting lain yang sedang mereka kerjaan. Manajemen waktu sangat penting agar hubungan dengan pihak lain / rekan kerja menjadi harmonis.

 

Memanfaatkan waktu senggang

Bekerja memang tidak harus ‘on’ 24 jam. Ada saat kita butuh istirahat untuk relaks. Tetapi akan sangat baik bila Anda bisa memanfaatkan waktu senggang untuk tetap produktif walaupun hanya melakukan hal – hal ringan yang tidak menguras tenaga dan pikiran. Misalnya di pagi hari saat minum kopi atau teh atau saat sedang di atas transport umum Anda bisa membuat ‘to do list’ yang akan dilakukan hari ini.