London – Wayne Rooney bertekad mengendalikan diri sebagai bentuk tanggungjawabnya memimpin pasukan “Three Lions” di stadion Wembley.

https://i0.wp.com/img.antaranews.com/new/2011/04/ori/20110420030449rooney-newcastle200411.jpg

Striker Manchester United (MU) ingin menggenapkan makna bahwa “tanggungjawab adalah tanggungjawab”.

Rooney bakal mengenakan ban kapten ketika Inggris menjamu San Marino dalam pertandingan kualifikasi Grup H Piala Dunia 2014, pada Jumat (12/10) atau Sabtu dini hari.

Rooney terpilih menggantikan Steven Gerrard yang kini sedang kena sanksi kartu merah dan Frank Lampard yang absen karena masih dibekap cedera, sebagaimana dikutip dari laman soccernet.

Penjaga gawang Manchester City, Joe Hart mestinya mengambiloper ban kapten, tetapi manajer timnas Inggris Roy Hodgson lebih menaruh kepercayaan kepada Rooney yang kini berusia 26 tahun.

Rooney memang punya catatan aib. “Wazza” -panggilan Rooney – memantik kontroversi beberapa tahun lalu ketika ia diusir keluar lapangan ketika Inggris melawan Montenegro dalam ajang kualifikasi Piala Eropa 2012.

Selain berjanji mengendalikan diri, Rooney berjanji tidak akan mengulangi kekeliruan masa lalu. “Apa yang terjadi di Montenegro itu perbuatan bodoh. Saya berjanji tidak akan mengulanginya lagi,” katanya.

“Selagi saya masih berusia muda, saya kerap melakukan aksi tekel dan berbuat kekeliruan yang bodoh. Saya tidak ingin menjadi bulan-bulanan media massa. Saya tidak ingin kehilangan kesempatan tampil,” katanya.

Rooney menyatakan akan mengikuti jejak langkah mantan pemain United yang juga menjadi kapten timnas Inggris, Roy Keane. Ia akan berperan sebagai gelandang serang.

“Ia (Keane) kapten timnas yang terkenal, tampil lantang di lapangan dan memberi arahan kepada para pemain lain,” kata Rooney. “Saya menghormati dia. Ia menjadi salah satu pemain terbaik di Liga Inggris (Premier League) dan Manchester United.”

“Saya ingin menunjukkan bahwa saya mampu. Kerapkali ketika anda ingin meraih kemenangan, tidak selalu kita harus duduk tenang dan berbicara perlahan,” kata Rooney. (ANTARA News)