SUKABUMI -Kamar nomor 308 yang ada di Inna Samudera Beach Hotel (SBH) Kecamatan Cikakak Kabupaten  Sukabumi rencananya akan dibongkar. Ya, bersama ratusan kamar lain di Inna SBH, seisi kamar kramat bekas peristrahatan Presiden RI pertama Soekarno yang sudah puluhan tahun dikultuskan oleh pihak tertentu sebagai tempat goib Ratu Pantai Selatan Nyi Roro Kidul ini akan direnovasi atas kebijakan manajer baru Inna SBH.

Kabarnya, pimpinan Inna SBH menginginkan kesan mistik SBH dihilangkan dan diganti dengan konsep hotel famili yang jauh dari kesan-kesan mistik yang selama ini kadung melekat di hotel yang mulai dibangun tahun 1962 atas prakarsa Presiden Soekarno ini.

Hingga tadi malam manajer baru Inna SBH belum bisa dikonfirmasi terkait rencana renovasi Hotel SBH termasuk kamar kramat 308. Kabar lain, paranormal dari penjuru Indonesia berencana akan melakukan aksi unjuk rasa terkait rencana renovasi kamar 308.

“Rencananya memang akan direnovasi atas kebijakan pimpinan baru SBH, tapi soal rencana itu saya tidak mau berkomentar banyak karena ini bukan kapasitas saya. Tapi katanya kalau jadi direnovasi persatuan paranormal akan demo ke sini,” kata sumber terpercaya di Inna SBH saat menghubungi Radar Sukabumi (Grup JPNN) yang enggan menyebutkan namanya, kemarin.

Menurutnya, kabar akan direnovasinya kamar 308 yang kerap dibanjiri pengunjung untuk bersemedi ketika acara ritual Ngabungbang (mandi suci-red) dan semedi di malam satu Syuro (tahun baru Hijriyah-red), membuat resah sebagian pegawai Inna SBH terutama pegawai yang sudah puluhan tahun menjadi kuncen di kamar 308.

“Orang mengenal Hotel SBH karena kamar 308, jadi kalau dihilangkan khawatir bisa mengurangi kunjungan ke Hotel SBH,”ujarnya.

Dihubungi terpisah, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Seluruh Indonesia (PHRI) Kabupaten Sukabumi, Dadang Hendar mengaku belum mengetahui adanya rencana renovasi bangunan Inna SBH termasuk merenovasi kamar goib 308.

“Saya belum mengetahui rencana tersebut, kalaupun tahu ya itu kebijakan pengelola SBH, kita tidak bisa intervensi melarang atau mengiyakan kamar 308 direnovasi,” tukas Dadang.

Hanya Dadang berpikiran, kalau seumpamanya kamar 308 jadi direnovasi, imbas kunjungan wisatawan yang datang ke Inna SBH tidak akan turun.”Saya pikir ada atau tidak adanya kamar 308 tidak akan berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan ke SBH, yang penting pelayanan dari pihak hotel,”singkatnya.(wan)