Jakarta: Indonesia menjadi salah satu negara yang diusulkan sebagai tujuan Liverpool dalam tur pramusim 2013-2014 oleh Standard Chartered Bank selaku pihak sponsor. “Kami mengusulkan Indonesia, Thailand, dan Malaysia sebagai salah satu tujuan apabila Liverpool menggelar tur pramusim tahun depan,” kata Mark Davies, Manager Liverpool Sponsorship Standard Chartered Bank, di Jakarta, Jumat (28/9).

Indonesia Masuk Usulan Tujuan Tur Liverpool

Menurut Davies, Indonesia merupakan salah satu basis penggemar terbesar dari klub yang bermarkas di Stadion Anfield itu di dunia. “Dalam catatan kami, ada sekitar 700 ribu penggemar Liverpool yang berada di Indonesia. Sementara Malaysia yang tahun lalu menjadi salah satu tujuan tur pramusim hanya sekitar 300 ribu,” ujarnya.

Selain bertanding melawan tim nasional atau tim seleksi, lanjutnya, pihaknya juga menyarankan untuk mengadakan coaching clinic bersama para pemain bintang beserta mantan pemain yang pernah membela Liverpool. Namun, Davies mengungkapkan hingga kini belum ada kepastian terkait pilihan tur pramusim Liverpool di musim depan. “Paling cepat awal 2013 kita sudah tahu keputusan dari pihak Liverpool,” kata Davies.

Kesempatan Indonesia menjadi salah satu tujuan tur pramusim Liverpool kian besar semenjak penandatanganan kerja sama sponsor dengan Garuda Indonesia pada Juli lalu. Sementara Standard Chartered Bank merupakan sponsor utama resmi Liverpool sejak Juli 2010 silam dengan durasi kontrak empat tahun hingga 2014. Standard Chartered menggantikan Carlsberg yang sebelumnya sudah menjadi sponsor utama resmi Liverpool selama 18 tahun sejak 1992 hingga 2010.

Liverpool merupakan salah satu klub terbesar sepanjang sejarah sepakbola Inggris dengan torehan 18 gelar juara Liga Inggris, lima Liga Champions, delapan Piala Liga, tujuh Piala FA, tiga Piala UEFA, tiga Piala Super Eropa, dan 15 kali FA Community Shield.(ANT/BOG)

 

sumber : liputan6.com