Sejumlah capaian positif  yang telah dibukukan Indonesia menjadi daya tarik yang dibanggakan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di hadapan pebisnis Asia Pasifik.

Compact_apec_rusia1

Saat menyampaikan keynote speech di hadapan para CEO kawasan Asia Pasifik, Sabtu (8/9), Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memaparkan sejumlah kemajuan ekonomi yang telah dicatat oleh Indonesia.

SBY mengungkapkan selama 10 tahun terakhir, Indonesia telah mencatat kemajuan terbesar terutama dalam hal pertumbuhan ekonomi yang positif dan nilai PDB yang semakin besar.

Tahun lalu, paparnya, Indonesia mencatat pertumbuhan sebesar 6,5%. Capaian pertumbuhan ini didukung oleh konsumsi domestik yang menyumbang hampir 60% dari PDB Indonesia. Selain itu juga, didorong oleh investasi yang tumbuh sekitar 30%.

“Ini adalah capaian yang luar biasa di tengah perlambatan ekonomi global,” katanya.

Presiden melanjutkan ekonomi Indonesia kini berada dalam jajaran 15 terbesar di dunia. SBY optimistis Indonesia dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan dunia jika terus dapat mempertahankan pertumbuhan domestik.

“Kami dapat mencapai ini dengan mempertahankan konsumsi domestik dan investasi. Kami mengadopsi kebijakan-kebijakan yang dapat mendorong daya beli melalui stabilitas harga, proteksi sosial terhadap kaum miskin, dan penciptaan lapangan kerja,” ujarnya.