Pertemuan puncak Gerakan Non-Blok berikutnya akan diadakan di Karakas pada  2015, kata Menteri Luar Negeri Venezuela Nicolas Maduro Jumat, tak lama setelah penutupan acara tahun ini di Iran.

Compact_ktt

“Telah diputuskan bahwa KTT ke-17 (akan diselenggarakan) di Karakas pada 2015,” kata Maduro dalam satu wawancara dengan televisi negara VTV di Teheran.

KTT 2012 berakhir di Teheran pada Jumat, setelah dua hari kadang-kadang temu puncak dipanaskan perdebatan mengenai program nuklir Iran dan konflik di Suriah, membayangi upaya Republik Islam itu untuk mendapatkan dukungan terhadap Barat.

Perwakilan dari 120 negara anggota tetap menyetujui dokumen yang mengutuk sanksi sepihak, mendukung hak Iran dan negara lain untuk mengembangkan energi nuklir damai, dan mendukung pembentukan Negara Palestina, kata media Iran.

KTT 2015 akan diadakan “dalam dunia yang akan berevolusi,” kata Maduro. Dia menjelaskan bahwa GNB menyatakan telah dan akan membuat kemajuan dalam upaya membangun “multi-kutub, multi-berpusat dunia tanpa hegemoni” dari negara-negara imperialis. (Antara/AFP/arh)