Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) mendesak pemerintah untuk meninjau kembali perjanjian kerja sama dengan sejumlah negara dan kawasan, terutama yang merugikan Indonesia.

Compact_acfta

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perdagangan, Distribusi, dan Logistik Natsir Mansyur menuturkan saat ini Indonesia telah menjalin hubungan dengan sejumlah negara dan kawasan dalam free trade agreement (FTA) atau economic partnership agreement (EPA).

Menurutnya, sejumlah perjanjian yang perlu ditinjau ulang, antara lain Indonesia dengan China dalam Asean–China Free Trade Area (ACFTA) dan Indonesia dengan Jepang Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA).

“Kedua perjanjian lebih banyak merugikan Indonesia sehingga pemerintah harus meninjau ulang perjanjian itu dan tegas,” ujarnya dalam diskusi di Menara Kadin Indonesia, Jumat (31/8/2012).

Berdasarkan data Kementerian Perindustrian, pertumbuhan ekspor Indonesia ke China pada 2007—2011 hanya sebesar 19,6%. Adapun impor pada periode tersebut tumbuh drastis sebesar 35,2%.

Begitu halnya dengan Jepang, ekspor Indonesia ke negara tersebut hanya tumbuh 7,1% pada 2007—2011, sedangkan impornya melonjak 31,3%. (ra)