Tag


Setelah Organisasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) mendiskualifikasi 4 pasangan ganda putri, giliran Komite Olimpiade Internasional (IOC)

Kasus main mata di ganda putri cabang bulu tangkis Olimpiade London masih berlanjut. Komite Olimpiade Internasional (IOC) tetap akan mengambil tindakan, termasuk mengusir mereka dari Olimpiade, meski Organisasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) sudah mendiskualifikasi kedelapan pemain yang terlibat.

Presiden IOC Jacques Rogge menghormati keputusan BWF tersebut, namun pihaknya masih bisa mengambil tindakan lain. Saat ini pihak IOC akan berkomunikasi dengan Komite Olimpiade sejumlah negara tentang tindakan apa yang akan diambil dan itu sangat mungkin jika diperlukan.

Kedelapan pemain yang terkena diskualifikasi tersebut, Wang Xiaoli dan Yu Yang dari China, pasangan Indonesia Greysia Polii/Meiliana Jauhari, dan dua pasangan Korea Selatan, Jung Kyung-eun/Kim Ha-na dan Ha Jung-eun/Kim Min-jung, setelah didakwa sengaja kalah.

Mereka dianggap mengabaikan semangat sportivitas dan telah mencemarkan nama baik olahraga, selain itu IOC bisa secara resmi mengusir atlet, membatalkan akreditasi, dan meminta mereka meninggalkan perkampungan atlet.

IOC juga akan memeriksa ofisial tim dan pelatih yang diduga ikut terlibat dalam kasus ini.(api)