Simon Santoso akan mengawali perjuangannya di Olimpiade London 2012, Minggu 29 Juli 2012 waktu London. Pebulutangkis tunggal putra Indonesia ini akan ditantang pebulutangkis Estonia, Raul Must di babak penyisihan grup B.

Simon Santoso

Di atas kertas, Simon seharusnya mampu menang dari pebulutangkis peringkat 69 dunia itu. Pasalnya, secara peringkat saja, Simon berada jauh di atas Raul Must. Simon saat ini menduduki peringkat 6 dunia setelah sempat masuk tiga besar.

Selain itu, catatan Raul Must saat menghadapi pebulutangkis-pebulutangkis Indonesia juga terbilang tak begitu bagus. Dari rekor pertemuannya dengan pebulutangkis Indonesia, Raul Must hanya mampu menang dari Evert Sukamta dan Andy Hartono (2 kali).

Namun, saat bertemu Indra Bagus, Riyanto Subagja, Sony Dwi Kuncoro, Ari Yuli, dan Dionysius Hayom Rumbaka (2 kali), pebulutangkis 25 tahun ini harus tumbang. Catatan ini tentu dapat menjadi modal bagi Simon untuk mengenal seorang Raul Must.

Terlepas jauh lebih diunggulkan, namun Simon tetap pantas waspada. Terlebih, Raul Must kini tengah termotivasi setelah di pertandingan pertama sukses mengalahkan pebulutangkis Austria, Michael Lahnsteiner 21-14 21-18 dan berhak untuk sementara memimpin Grup B.

Selain Simon Santoso, Indonesia hari ini juga akan menurunkan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Ganda campuran terbaik Indonesia ini akan bersua ganda campuran Korea Selatan, Lee Yong-dae/Ha Jeung-eun.

Dari rekor 6 kali pertemuan, Tontowi/Liliyana berhasil  unggul 4-2 dari pemain Korsel itu. Kemenangan terakhir diperoleh di kejuaraan India Terbuka pada April 2012 dengan dua set langsung 21—7, 21—14.

 

sumber