Perusahaan operator seluler Indosat sudah siap menambah kapasitas layanan untuk mengantisipasi lonjakan trafik pada momen Lebaran 2012. Selain layanan SMS dan suara (voice), layanan data (internet) juga jadi perhatian penting Indosat.

Data internal Indosat mencatat, penggunaan ponsel pada hari biasa untuk SMS mencapai 800 juta SMS per hari. Menyambut Lebaran, Indosat memprediksi trafik SMS akan naik sebanyak 1 miliar SMS per hari.

“Untuk mengantisipasi lonjakan trafik yang lebih besar saat Lebaran, Indosat menyiapkan kapasitas 1,4 miliar SMS per hari,” kata Group Head Network Quality & Surveillance Mirza Helmi, di kantor Indosat Single Network Operation Center (SNOC), Jakarta, Kamis (26/7/2012).

Ia menuturkan, setelah tarif interkoneksi SMS antar-operator Rp 23 mulai 1 Juni lalu, tidak membuat trafik pengiriman SMS menurun.

Penggunaan ponsel pada hari biasa untuk voice dan data, trafiknya mencapai 390 juta menit per hari dan 40 terabyte per hari. Kapasitas ini ditingkatkan menjadi 924 juta menit per hari untukvoice dan 120 terabyte per hari untuk data.

Uji jaringan di Surabaya

Pada 26 Juli 2012, Indosat melakukan uji jaringan di pusat-pusat keramaian Surabaya, Jawa Timur, salah duanya bandar udara Juanda dan Kebun Binatang Surabaya. Metode uji jaringan menggunakan moda transportasi bus, dengan metode mobile dan static.

Sinyal Indosat di pusat-pusat keramaian ini didominasi dengan tanda hijau dengan software khusus pendeteksi jaringan seluler Nemo. Sekadar catatan, warna hijau menunjukan jaringan yang kuat, merah berarti jaringan down, dan putih tidak ada jaringan sama sekali.

Division Head Technical Operation East Java & Bali Nusa Tenggara, Gezang Putri Agung mengatakan, tingkat kesuksesan panggilan telepon jaringan Indosat di lokasi-lokasi yang diuji, menunjukkan angka 97,27%. “Standar tingkat kesuksesan panggilan telepon yang ditetapkan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) adalah 90%,” jelas Gezang.

Untuk waktu kesuksesan pengiriman SMS ke nomor tujuan butuh waktu 9 detik.

Ketika koneksi internet 3G dijajal di bandar udara Juanda yang terbilang bertrafik padat, kecepatan maksimal untuk streaming video 4,6Mbps dan kecepatan rata-rata 3,3Mbps. Untuk mengunduh video sebesar 73,67Mb butuh waktu sekitar 2 menit 43 detik.

sumber