Tag


 Tim-tim favorit peraih medali emas sepak bola putri, yakni Amerika Serikat, Jepang, dan Brasil, memetik hasil manis dalam laga perdana mereka di Olimpiade London 2012, Rabu (25/7). Pada hari pertama laga sepak bola yang diwarnai insiden tertukarnya bendera tim Korea Utara dengan Korea Selatan, tuan rumah Inggris Raya juga memetik poin penuh.

Cabang sepak bola dimulai lebih awal, dua hari sebelum upacara pembukaan yang berlangsung Jumat ini, mengingat cabang itu akan berjalan cukup lama. Sepak bola putra juga telah mulai digelar, semalam.

Amerika Serikat, dua kali juara olimpiade, menundukkan Perancis, 4-2. Jepang memukul Kanada, 2-1. Adapun Brasil, peraih dua perak olimpiade terakhir, melibas Kamerun, 5-0. Korea Utara, yang sempat mogok satu jam terkait insiden bendera itu, memukul Kolombia, 2-0.

Kemenangan AS atas Perancis pada laga Grup G di Glasgow, Skotlandia, sempat diawali dengan kebobolan dua gol dalam 14 menit pertama. Dua gol Perancis itu dicetak Gaetane Thiney pada menit ke-12 dan Marie-Laure Delie pada menit ke-14.

Meski demikian, AS tidak butuh waktu lama untuk bangkit. Menit ke-19, Abby Wambach melesakkan gol balasan pertama, diikuti Alex Morgan (menit ke-32) dan Carli Lloyd (56’). Morgan menambah satu gol lagi pada babak kedua, yakni menit ke-66.

Dengan satu golnya, Wambach kini mengoleksi 139 gol di timnas terkait upaya dia mengejar rekor gol Mia Hamm (158 gol). ”Ini bukan laga yang ingin kami mainkan,” kata Christie Rampone, bek dan kapten tim AS. ”Namun, kami masih memiliki jadwal laga ke depan dan kami ingin mendapatkan ritme.”

Sementara itu, Jepang—yang secara mengejutkan memukul AS pada final Piala Dunia Putri di Jerman tahun lalu—memukul Kanada, 2-1, berkat gol Nahomi Kawasumi (menit ke-33) dan Aya Miyama (44’). Pada laga Grup F di Coventry itu, Kanada sempat berusaha mengatasi ketertinggalan melalui gol Melissa Tancredi pada menit ke-55.

”Saya pikir laga hari ini lebih menyajikan permainan bertahan,” ujar Norio Sasaki, Pelatih Jepang. ”Kami mampu berlari lebih dari Kanada dan dari pertahanan sampai bisa menyerang, semua pemain berusaha menguasai bola.”

Dua gol Marta

Pada laga Grup E, Brasil terlalu tangguh bagi Kamerun. Lima gol kemenangan tim ”Samba Putri” tanpa balas menjadi bukti hal itu. Dua dari lima gol Brasil diceploskan Pemain Sepak Bola Putri Terbaik Dunia lima kali, Marta.

Satu gol lain dicetak Cristiane, yang kini menjadi top scorer sepak bola putri olimpiade sepanjang masa dengan 11 gol. Pada laga di Stadion Millennium, Cardiff, itu, laga baru berjalan 10 menit saat Brasil sudah unggul 2-0 melalui gol Francielle (menit ke-7) dan Renata Costa (10’).

Menit ke-73, mereka mendapat hadiah tendangan penalti dan bisa diselesaikan Marta. Marta menjadi pembuat assist atas gol Cristiane pada menit ke-80 sebelum kembali menorehkan gol, dua menit sebelum laga bubar.

Pada laga tersebut, Cristiane turun sebagai pemain cadangan dan tampil pada babak kedua. Dengan satu gol yang dicetaknya itu, ia melewati koleksi gol mantan bintang sepak bola Jepang, Birgit Prinz, yang kini sudah pensiun.

Brasil beberapa kali hampir merebut gelar juara sebelum akhirnya gagal. Selain kalah dari Jerman di final Piala Dunia Putri 2007, tahun lalu mereka kandas di perempat final Piala Dunia. Saat itu Brasil kalah dari AS melalui adu penalti. Pada ajang Olimpiade London 2012 ini, mereka berharap mengubah paceklik gelar itu menjadi juara.

Masih pada laga Grup E, kemenangan tuan rumah Inggris Raya, 1-0, atas Selandia Baru ditentukan gol tendangan bebas Stephanie Houghton pada menit ke-64. ”Ini sesuatu yang spesial dan saya yakin keluarga saya sangat bangga,” ujar Houghton, yang absen pada Piala Dunia 2007 dan Piala Eropa 2009 karena cedera.

Di Grup F, Swedia memukul Afrika Selatan, 4-1. Pada laga lain di Grup G, Korea Utara memukul Kolombia, 2-0, melalui gol yang diborong Kim Song-Hui pada menit ke-39 dan 85.

Laga sepak bola putri kembali bergulir Sabtu besok, menampilkan enam laga di semua grup. (AP/REUTERS/SAM)

 

SUMBER