Maskapai yang beroperasi di Timur Tengah memangkas tarif kursi pesawat untuk rute ke beberapa destinasi di Eropa, Asia, dan Timur Tengah selama bulan Ramadhan di tahun 2012. Hal ini mereka lakukan untuk menarik wisatawan yang menjalankan ibadah puasa.

Salah satunya adalah Oman Air. Seperti dikutip dari berita Al Bawaba pada Kamis (19/7/2012), Oman Air menawarkan paket Ramadhan di Salalah dengan harga spesial.

Salalah merupakan daerah di selatan negara Oman yang memang menjadi salah satu destinasi wisata favorit. Dalam paket sudah termasuk tiket pesawat pergi-pulang, akomodasi di hotel bintang lima untuk dua malam, antar jemput bandara-hotel, pajak, dan sahur atau sarapan.

“Segarkan diri Anda selama bulan Ramadhan di Salalah! Asingkan diri sejenak dari panas dan jelajahi destinasi-destinasi paling menenangkan untuk merenungi puasa Anda. Tempat-tempat yang lebih dingin dan lanskap hijau nan subur,” demikian bunyi promosi Oman Air.

Tak hanya Oman Air, maskapai Emirates juga mengumumkan tarif spesial ke 32 destinasi di Eropa, Afrika, Timur Tengah, India, Asia Timur, dan Asia Tenggara, selama bulan Ramadhan. Dalam promosinya, Emirates memberikan diskon hingga 20 persen.

Beberapa destinasi dari 32 destinasi tersebut antara lain Bangkok, London, Beirut, Istanbul, Delhi, Kuala Lumpur, Kairo, Manila, Singapura, and Johannesburg.

Sementara itu, Qatar Airways meluncurkan tarif spesial dari Muscat ke berbagai kota di Timur Tengah maupun di dunia. Maskapai ini menawarkan diskon hingga 25 persen.

“Ramadhan tahun ini bertepatan dengan musim panas yang ekstrem di Timur Tengah. Hal ini membuat banyak maskapai menawarkan tarif spesial kepada orang-orang yang mau menjalankan bulan Ramadhan di daerah beriklim sejuk,” tutur salah satu biro perjalanan wisata yang beroperasi di Muscat.

Dengan tarif maskapai yang lebih murah, Indonesia berpeluang untuk menarik wisatawan asal Timur Tengah. Sebagai gambaran, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), terjadi peningkatan jumlah wisatawan asal Arab Saudi yang berwisata di Indonesia.

Dalam dua bulan pertama pada tahun 2012, tercatat kunjungan wisatawan asal Arab Saudi sebesar 15.114. Sementara di periode yang sama pada tahun 2012, jumlah yang tercatat adalah 11.094.

Secara keseluruhan, wisatawan asal Arab Saudi yang ke Indonesia pada tahun 2011 tercatat 83.815. Angka ini menunjukkan peningkatan sebesar 21,69 persen dibanding tahun sebelumnya. Tahun 2010, data menunjukkan 68.878 orang wisatawan asal Arab Saudi yang melakukan kunjungan ke Indonesia.