Untuk kali pertama semenjak go-public, raksasa software Microsoft mencatat kerugian. Di kuartal keempat tahun fiskal 2012 yang berakhir pada 30 Juni Microsoft melaporkan kerugian sebesar 492 juta dollar AS.

Kerugian tersebut disebabkan pengurangan nilai buku (write-down) sebesar 6,2 miliar dollar AS, yang dipicu oleh gagalnya investasi perusahaan tersebut di perusahaan iklan aQuantive yang dibeli Microsoft tahun 2007. aQuantive kalah bersaing dengan lawan-lawannya, antara lain Adsense online milik Google.

Saham Microsoft pun mencatat penurunan nilai untuk pertama kalinya sejak didaftarkan di bursa, sebesar 0,06 dollar AS atau 6 sen.

Pendapatan Microsot di kuartal keempat tahun fiskal ini tercatat sebesar 18.06 miliar dollar AS, naik dari angka 17.41 dollar AS pada kuartal sebelumnya dan 17,37 miliar dollar pada kuartal yang sama tahun lalu.

Windows dan Windows Live menyumbang pendapatan sebesar 4,15 miliar dollar AS, sementara divisi bisnis Microsoft berkontribusi sebesar 6,29 miliar dollar AS. Sebanyak 1,79 miliar dollar AS diperoleh dari divisi entertainment. Untuk keseluruhan tahun fiskal, pendapatan Microsoft naik 5 persen menjadi 73,7 miliar dollar AS.

Microsoft memiliki agenda peluncuran sejumlah produk yang akan dilakukan dalam waktu dekat, di antaranya Windows 8 yang dijadwalkan rilis pada 26 Oktober dan tablet Surface yang tanggal rilisnya belum diketahui.