Tag


Jerman yang baru saja mengalahkan Yunani 4-2 dan lolos ke fase semifinal Euro 2012, bakal menghadapi pemenang antara Italia kontra Inggris dalam laga perempatfinal di Olympic Stadium, Senin (25/6) dinihari WIB.

Philipp Lahm

Tapi, kapten Der Panzer, Philipp Lahm mengaku memilih berhadapan denganThe Three Lions ketimbang harus meladeni Gli Azzurri. Bek Bayern Munich itu berharap dapat mengulang kemenangan 4-1 atas Inggris di Piala Dunia 2010 silam.

Namun, bisa jadi Lahm memilih Inggris karena tak ingin mengulang kenangan buruk di ajang Piala Dunia 2006. Menjadi tuan rumah kala itu, Jerman justru takluk 0-2 atas Italia di semifinal. Italia melaju ke final dan akhirnya ditahbiskan menjadi juara Piala Dunia 2006 setelah berhasil menjungkalkan Prancis.

Kendati demikian, Lahm menegaskanDie Mannschaft tidak bakal gentar menghadapi tim mana pun di pertandingan selanjutnya.

“Saya lebih memilih Inggris. Inggris lebih baik saat ini dibanding 2010 lalu, dan hal itu juga berlaku pada Italia. Semua tim yang bermain di semifinal berpeluang untuk merebut titel Piala Eropa,” ujar Lahm seperti dinukil Goal.

“Kami mengenal kedua tim, khususnya dari Piala Dunia 2006 dan 2010. Kedua tim tersebut merupakan lawan yang kuat, namun tentu saja mereka tidak akan senang melawan kami,” papar bek berusia 28 tahun tersebut.

Jerman sendiri menjadi favorit kuat di ajang Euro 2012. Mengemas clean sheet dengan tiga kemenangan di fase grup dan satu kemenangan di babak perempatfinal, membuat banyak kalangan menjagokan skuad besutan Joachim Low untuk merebut trofi Henry Delaunay tahun ini.

Meski begitu, Lahm merasa Jerman masih mempunyai tekanan besar ketika bermain di fase berikutnya. Namun, dia optimis bila Jerman bakal meraih satu tempat di partai final Euro 2012.

“Sekarang kami masih berada di bawah tekanan, karena kami ingin mencapai final. Kami memiliki skuad yang fantastis dengan kualitas sensasional. Kami memiliki 23 pemain yang sangat baik dan semua orang mampu tampil bersama tim ini,” tuntasnya.

Lahm sendiri menjadi salah satu pencetak gol kala menumpas Yunani 4-2. Dengan torehan itu, Lahm yang telah membukukan 90 kali penampilan bersama timnas Jerman sejak 2004 silam, hingga kini sudah mengemas lima gol.

sumber