Masjid terbesar di Skandinavia – Masjid Baitul Nashr – dibuka pada Jumat di Oslo dengan sebuah pidato pembukaan pertama oleh pemimpin tertinggi Jamaah Ahmadiyah, Hadhrat Mirza Masror Ahmad, dan resepsi sesudahnya dihadiri oleh lebih dari 120 tamu. Kapasitas masjid tersebut dapat menampung 4.500 jamaah dan telah dirancang dengan sengaja sebagai landmark nasional dan simbol perdamaian.

masjid_terbesar_di_norwegia

Grete Faremo, Menteri Pertahanan Norwegia telah hadir dalam pembukaan dan berkomentar. “Norwegia baru juga telah memiliki peran sentral untuk agama. jadi kita harus membuka semua pintu dan mengundang semua orang seperti yang kita lihat hari ini. Ini bukan tempat saya beribadah tetapi terlepas dari itu saya masih merasakan kehangat nyata disini.”

Bangunan yang sangat besar ini telah didanai seluruhnya melalui sumbangan dari komunitas lokal dengan Zartasht Munir Khan sebagai Amir Ahmadiyah Norwegia mengatakan bahwa beberapa penyumbang telah menjual harta benda- dalam bebrapa kasus rumah atau mobil – untuk mengumpulkan dana pembangunan Masjid tersebut.