Wanita memang makhluk yang spesial dan begitu mulia.begitu banyak seminar tentang wanita,kajian-kajian khusus tentang wanita, buku-buku tentang wanita dan lain-lain.ada istilah Ibu Pertiwi dan ada yang hari yang diperingati sebagai hari Ibu.tidak ada hari bapak, dan tidak ada juga bapak pertiwi. mengapa wanita banyak dibahas,tentulah karena wanita memiliki sesuatu yang istimewa, spesial, sesuatu yang berbeda dengan pria. Wanita dan pria memang berbeda, baik dari segi fisik maupun psikis.perbedaan -perbedaan tersebut sering dijadikan acuan ketika terjadinya konflik antara pria dan wanita.
Perbedaan-perbedaan tersebut bukan tanpa sebab. Allah menciptakan pria dan wanita dimuka bumi ini untuk saling melengkapi, saling membutuhkan.

Wanita dan pria berbeda dalam banyak hal,antara lain :
Wanita lebih mengedepankan hubungan interpersonal dan keintiman daripada pria.
Wanita lebih peka secara emosional, sedangkan pria sangat rasional.

Ada beberapa anggapan yang menyesatkan dan harus diperbaiki tentang wanita. mitos dan anggapan yang entah dari mana datangnya ini menimbulkan penilaian yang salah kaprah hingga wanita menjadi sosok yang primordial dan terpinggirkan secara tanpa disadari.
Wanita adalah makhluk yang lemah,hingga seringkali wanita hanya menjadi “the second person” setelah pria.Wanita hanya pantas dirumah saja, sehingga image yang muncul adalah  wanita hanya pantas melakukan aktifitas di tiga tempat saja yaitu dapur, sumur dan kasur.Wanita tidak boleh mendapatkan jabatan atau kedudukan. Wanita hanyalah pemuas nafsu pria.
Tentu saja sekarang pandangan tentang wanita tidaklah seekstrim itu.hal ini harus disadari oleh kaum wanita.mereka harus mengerti benar bahwa mereka mempunyai hak sebagai seorang ibu yang layak dapat penghormatan dan hak sebagai seorang istri yang mendapatkan kasih sayang dan perlakuan yang baik dari suaminya.
Pada intinya wanita harus mempunyai sikap pendirian dan ketegasan. tegas bukan berarti menjadi kasar tetapi andaikata mereka diperlakukan dengan kasar,para wanita harus bertindak dan melakukan pembelaan diri. karena wanita sangatlah berharga, lebih dari harga berlian sekalipun.