Tag


Bisa jadi saat pertama melihat eksterior PGE Arena Gdansk ini Anda akan mengerutkan kening. Bukan apa-apa, bentuk keseluruhan stadion yang panjangnya 236 meter, lebar 203 meter dan tinggi 45 meter ini terlihat seperti sarang burung.

Stadion Piala Eropa yang Bernuansa Laut Baltik

Warna stadion yang didominasi kuning amber juga sedikit menyilaukan mata. Ternyata warna menyolok itu mengambil inspirasi dari pasir di pantai Baltik saat terkena pantulan cahanya matahari di pagi, atau sore hari Tak heran, stadion ini dikenal juga sebagai Baltic Arena.

Konstruksi atap keseluruhan terdiri dari 82 balok. Struktur atap memiliki total area seluas 44 ribu meter persergi. Fasad dan atapnya ditutupi dengan 18 ribu pelat lembaran polikarbonat multiwall, dalam 6 warna, dengan luas 4,5 hektare. Dua logo (ditempatkan di sisi barat dan timur stadion), yang dibuat dalam teknologi LED, dengan tinggi delapan meter dan panjang 35 meter.

Lapangan bolanya sendiri memiliki dimensi 105×68 meter. Daya pandang penonton dipastikan sangat dimanjakan mengingat jarak pandang dari tribun terdekat di belakang gol adalah 10,5 m, dari dari garis samping sejauh 8,5 m.

Tadinya stadion ini akan memasang atap yang bisa dibuka dan ditutup. Namun, rencana itu buyar karena masalah mepetnya waktu, dan terbatasnya biaya.

Secara keseluruhan, inilah stadion yang benar-benar spesifik hanya untuk sepak bola. Stadion PGE Arena karenanya tak memakai lintasan atletik lari, dan juga alas rumputnya tak bisa diubah, atau digonta-ganti seenaknya.

Stadion yang dibangun selama tiga tahun dari 2008-2011 ini punya kapasitas tempat duduk untuk 43,615 orang. Untuk kenyamanan lebih para penonton, khusus sepanjang Euro 2012 kapasitasnya bakal dikurangi menjadi 40 ribu tempat duduk.

Di stadion ini juga terdapat tempat duduk untuk tamu yang sangat istimewa alias very very important person (VVIP) berupa 40 kotak kaca yang disebut sky-box. Delapan di antaranya memiliki luas 60 meter persegi. 32 sky box lain luasnya 30 meter persegi.

Selain sky-box, di stadion ini juga tedapat 1383 tempat duduk istimewa (VIP). Masing-masing tempat VIP terdiri dari kursi yang nyaman, dan lokasinya tepat di bawah sky box. Area VVIP dan VIP ini memiliki pintu masuk terpisah dengan tunggu khusus. Tak lupa, stadion ini pun memiliki 50 kursi tambahan dengan ruang tunggu khusus.

Stadion yang tadinya bernama Baltic Arena ini kemudian berganti nama pada Desember 2009 menjadi PGE Arena. Tentu saja pergantian nama itu tak gratis. PGE adalah singkatan dari Polish Energy Group, perusahan ternama di Polandia. Mereka rela menggelontorkan 35 juta zloty atau sekitar 8,5 juta euro (sekitar Rp 102 miliar) untuk kontrak nama dalam durasi lima tahun.

Pemerintah kota Gdansk menjual hak penamaan stadion tersebut untuk menutupi beberapa dari biaya konstruksi. Walhasil, tampilan logo perusahaan PGE Arena terpampang di dua lokasi di bagian atas stadion, dan di area pintu masuk.

sumber