Ponsel inovatif yang mampu memantau radiasi nuklir bakal hadir di Jepang. Ponsel yang mengusung merek Pantone 5 ini bakal dilepas ke pasaran pada pertengahan tahun ini.
“Ancaman nuklir tidak bisa dilihat oleh mata kasat dan ini terus menjadi sumber kekhawatiran banyak orang,” kata Masayoshi Son, presiden Softbank Telecom sebagaimana dikutip networkworld.com, Selasa (29/5).

Dijelaskannya, ponsel pintar yang bisa memantau tingkat radiasi nuklir itu diciptakan untuk menjawab kekhawatiran pascakebocoran reaktor Fukushima akibat gempa besar tahun lalu. Kehadiran ponsel tersebut diharapkan menjadi solusi bagi kekhawatiran atas  tingkat radiasi, terutama di kalangan ibu dan anak-anak.

“Ada kemampuan mencatat dan merekam tingkat radiasi yang diambil oleh pengguna di semua tempat yang diinginkan,” tambahnya.

Ponsel inovatif yang bakal tersedia dalam delapan warna itu diklaim lebih praktis dibandingkan alat pengukur radiasi konvensional. Menariknya, meski memiliki kemampuan lebih namun ponsel ini bakal dilempar ke pasaran dengan harga terjangkau.

Sebelumnya, permintaan terhadap alat pengukur radiasi di Negeri Matahari Terbit ini meningkat tajam pascakerusakan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima. Hingga kini disinyalir tingkat radiasi pabrik setrum nuklir ini masih tinggi.