Berikut ini adalah daftar gunung berapi yang paling berbahaya di dunia. Gunung dapat diibaratkan seperti mata uang. mata uang memiliki dua sisi, berlawanan masing-masing, memiliki keuntungan sekaligus bencana yang luar biasa. Letusan vulkanik adalah salah satu bencana yang paling mengerikan, yang bisa menyebabkan kematian dari ratusan atau bahkan ribuan orang. Pernahkah Anda mendengar tentang letusan Gunung Krakatau mengerikan yang terjadi pada tahun 1883, yang menyebabkan kerusakan besar dan korban dalam ribuan. Bukankah hal ini benar-benar mengerikan…?

9. Taal Volcano, Filipina 

Taal Volcano adalah kompleks gunung berapi di pulau Luzon di Filipina. Gunung ini terdiri dari sebuah pulau di Danau Taal, yang terletak di dalam kaldera terbentuk oleh letusan sebelumnya yang sangat kuat (proses ini mirip dengan danau Toba). Taal Volcano terletak sekitar 50 km (31 mil) dari ibukota, Manila. Gunung ini telah meletus beberapa kali sulit, membawa salah satu letusan paling kuat pada tahun 1991 yang menewaskan lebih dari seribu jiwa.

8. Ulawun Volcano, Papua New Guinea 

Ulawun adalah salah satu gunung berapi yang paling aktif di Papua New Guinea dan salah satu yang paling berbahaya. Gunung ini terletak di Papua New Guinea, Bismarck busur. Gunung meletus beberapa kali telah dicatat, salah satu letusan terkuat adalah pada tahun 1980, dimana Ulawun keluar abu sampai dengan 60 000 kaki tinggi dan menghasilkan aliran piroklastik yang melanda semua sisi gunung.

7. Nyiragongo Volcano, Kongo 

nyiragongo adalah salah satu gunung berapi paling aktif di Afrika, gunung ini selalu mengungkapkan aktivitas secara signifikan. Sejak 1882, ia telah meletus sedikitnya 34 kali. Salah satu letusan terburuk adalah di tangga 17 September 2002, ketika lava mengalir menuruni lereng Nyiragongo untuk mencakup sekitar 40% dari kota Goma dan menyebabkan hampir 120 000 orang kehilangan tempat tinggal.

6. Gunung api Merapi, Indonesia 

Gunung Merapi adalah gunung api berbentuk kerucut yang terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Yogyakarta, Indonesia. Ini adalah gunung berapi yang paling aktif di Indonesia dan telah meletus secara berkala sejak 1548. Gunung ini telah aktif sejak 10 000 tahun yang lalu. Sebagian besar letusan Gunung Merapi yang melibatkan runtuhnya kubah lava terus mengalir di bawah ka. Dan kadang-kadang sering disertai dengan Ome turun dari asap panas (wedhus sampah) yang cepat dapat mencapai 120 km per jam.

5. Gunung Galeras, Colombia 

gunung berapi Galeras telah aktif selama setidaknya satu juta tahun. Terletak dekat perbatasan Kolombia dengan Ekuador selatan. Gunung ini adalah gunung berapi yang paling aktif di Kolombia. Gunung ini telah meletus hampir setiap tahun sejak 2000. Hal ini berbahaya karena frekuensi letusan tak terduga. Hal ini bisa mengakibatkan letusan lahar panas menjadi 3,5 km turun ke lereng Gunung Galeras. Letusan terakhir adalah pada tanggal 3 Januari 2010, dan memaksa pemerintah untuk mengevakuasi 8.000 orang.

4. Sakurajima Volcano, Jepang 

Sakurajima adalah salah satu gunung berapi paling aktif di Jepang, gunung ini terletak di Pulau Kyushu Jepang. Intensitas letusan adalah salah satu yang tertinggi di Jepang dan bahkan dunia. bahkan letusan 7300 tercatat dalam 45 tahun terakhir. Salah satu letusan mengerikan terjadi pada tanggal 10 Maret 2009 di mana gunung ini melemparkan batu dan komposisi gunung lainnya sampai dua mil jauhnya.

3. Popocatepetl Volcano, Mexico 

Popocatepetl adalah sebuah gunung berapi aktif yang terletak pada ketinggian 5.426 meter di atas permukaan laut. tercatat ada 20 letusan sejak 1519. Ledakan itu sangat kuat, karena dapat melepaskan abu vulkanik dalam radius yang cukup jauh. Bahkan sejak Desember 1994 terjadi pada kegiatan ini gunung berbahaya terus menerus, sampai akhirnya letusan besar terjadi pada tahun 2000 yang merupakan letusan terbesar Gunung Popocatepetl dalam sejarah yang pernah diabadikan.

2. Gunung Vesuvius, Italia 

Gunung Vesuvius adalah gunung api strato di Teluk Napoli, Italia, sekitar sembilan mil sebelah timur Napoli. Gunung Vesuvius adalah gunung berapi hanya di daratan Eropa telah meletus dalam seratus tahun terakhir. Terkenal karena letusan Gunung Vesuvius pada 79 tahun yang menyebabkan penghancuran kota-kota Romawi Pompeii dan Herculaneum. Gunung ini bisa meletus setiap saat, dan beratnya ada sekitar 3 juta orang yang tinggal di sekitar gunung berapi Vesuvius. Letusan lava semburan ini dapat menyebabkan sangat tinggi, bahkan pada tanggal 22 Maret 1994, semburan lava tinggi mencapai 1000 meter.

1. Yellowstone Super-gunung berapi, Amerika Serikat 

Yellowstone Super-gunung adalah gunung paling berbahaya di dunia. Yellowstone ledakan batuan Super-gunung berapi dan komposisi bisa menembak sampai 1000 kilometer dari gunung lain kubik. letusan gunung berapi lava dan abu gunung ini cukup untuk mengancam kepunahan spesies dan bahkan dapat menjadi salah satu penyebab bencana massa, karena sekali gunung ini meletus, akan menyebabkan semua aktivitas gunung berapi lainnya mengalami getaran tektonik besar dan bisa memicu ledakan lainnya.