Tag



Pelatih Portugal, Paulo Bento, resmi mengumumkan skuad yang akan berlaga di Euro 2012. Nama Cristiano Ronaldo sudah pasti masuk dalam daftar ini. Yang mengejutkan adalah hadirnya sosok penyerang berusia 20 tahun, Nelson Oliveira.

Cita rasa internasional. 14 dari 23 skuad resmi Portugal berasal dari para pemain mereka yang menaklukkan klub-klub Eropa. Dari Real Madrid yang baru saja menobatkan diri sebagai yang terbaik di Liga Spanyol, ada tiga nama. Cristiano Ronaldo, Pepe, dan Fabio Coentrao.

Khusus bagi Ronaldo, inilah kesempatan untuk membuktikan bahwa dirinya mampu mengangkat negaranya seperti kala ia bersinar di klub. Sejauh ini prestasi Portugal meski memiliki seorang CR7memang kurang memuaskan. Catatan terbaik hanyalah runner-up Euro 2004 yang digelar di kandang sendiri.

Sementara itu Pepe dan Fabio Coentrao akan bergabung dengan sesama pemain “internasional” seperti Bruno Alves (Zenit St. Petersburg) dan rekan mereka yang sama-sama mencari uang di Liga Spanyol, Ricardo Costa (Valencia).

Lini tengah yang dipilih Paulo Bento pun cukup menjanjikan. Ada nama Carlos Martins (Granada) yang peran vitalnya di lini tengah Granada mampu membawa klub promosi tersebut bertahan di Primera Division. Raul Meireles (Chelsea) juga mendapatkan tempat. Yang tak boleh dilupakan adalah sosokCustodio Castro, gelandang bertahan yang sukses membawa Braga meraih peringkat ketiga di klasemen akhir Liga Primer Portugal.

Barisan penyerang, termasuk sayap, diisi oleh para penggocek bola ulung. Selain Cristiano Ronaldo, ada nama Nani (Manchester United). Helder Postiga (Real Zaragoza) yang menyelamatkan klubnya dari zona degradasi di partai terakhir Liga Spanyol juga dimasukkan.

Pemain yang berpotensi mengejutkan adalah Nelson Oliveira. Penyerang Benfica ini masih berusia 20 tahun dan baru memegang 1 caps untuk pertandingan internasional. Namun, bukan berarti ia bisa diremehkan. Ketika bermain di timnas Portugal U-20 yang berlaga di Piala Dunia U-20 Kolombia, striker ini mampu mencetak 4 gol.

Sementara, duo Besiktas, Hugo Almeida dan Ricardo Quaresma juga ikut melengkapi susunan skuad Paulo Bento.

Daftar 23 Pemain Portugal untuk Euro 2012.

Kiper: Rui Patricio (Sporting Lisbon), Eduardo (Benfica), Beto (CFR-Cluj/Rumania)

Bek: Bruno Alves (Zenit Saint-Petersburg/Rusia), Fabio Coentrao (Real Madrid/Spanyol), Joao Pereira (Sporting Lisbon), Pepe (Real Madrid/Spanyol), Ricardo Costa (Valencia/Spanyol), Rolando (FC Porto), Miguel Lopes (Sporting Braga)

Gelandang: Carlos Martins (Granada/Spanyol), Joao Moutinho (FC Porto), Custodio (Sporting Braga), Miguel Veloso (Genoa/Italia), Raul Meireles (Chelsea/Inggris), Ruben Micael (Real Zaragoza/Spanyol)

Penyerang: Cristiano Ronaldo (Real Madrid/Spanyol), Hugo Almeida (Besiktas/Turki), Helder Postiga (Real Zaragoza/Spanyol), Nani (Manchester United/Inggris), Nelson Oliveira (Benfica), Ricardo Quaresma (Besiktas/Turki), Silvestre Varela (FC Porto)

(FIFA)